Minggu, 24 Maret 2013

Hal yg harus di perhatikan apabila transit pesawat


Saat kita hendak ke suatu tujuan dengan menggunakan pesawat udara, terkadang tidak melakukan penerbangan langsung, tetapi harus transit atau transfer di suatu bandar udara. Beberapa airlines mengatur jadwal regulernya, beberapa di antaranya harus transit atau transfer.
Guna menegakkan faktor keamanan dan keselamatan penerbangan sekaligus meningkatkan pelayanan, Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No. SE/02/I/2010 tertanggal 21 Januari 2010 tentang Prosedur Keamanan Penumpang Transit dan Transfer.
Agar perjalanan udara tetap menyenangkan, maka perhatikan kiat-kiat berikut ini:
1. Saat beli tiket pesawat
Pada saat membeli tiket, tanyakan dengan jelas status penerbangannya, langsung atau transit terlebih dahulu. Jika harus transit, dan Anda pertama kali mengalaminya, mintalah gambaran prosedur transit.
2. Perhatikan koneksi penerbangan
Saat tiba di bandar udara, perhatikan penerbangan lanjutannya sesuai yang tertera dalam boarding pass. Anda tetap harus memperhatikan waktu singgahnya. Mintalah keterangan pesawat yang akan digunakan selanjutnya.
3. Ganti terminal
Jika harus pindah terminal, maka segera minta petunjuk ke terminal yang sesuai dengan tujuan akhir, berikut pintu keberangkatannya. Apabila disediakan bus oleh airlines, maka ikutilah. Jika tidak disediakan, maka keluarlah melalui pintu kedatangan dan lanjut menggunakan shutle bandar udara, seperti di Soekarno-Hatta.
4. Perhatikan barang bawaan
Saat barang bawaan Anda harus diletakkan di bagasi pesawat, maka berilah tanda pengenal dengan jelas, kunci dan minta label kepada petugas check in yang mudah terbaca. Barang-barang berharga sebaiknya dibawa ke kabin pesawat.
5. Ikuti petunjuk awak kabin
Saat pesawat mendarat, pramugari atau pramugara yang bertugas akan mengumumkan, penumpang yang akan melanjutkan penerbangan agar melapor ke petugas bandar udara atau tinggal di pesawat. Biasanya jika harus tinggal di pesawat, maka petugas yang akan memeriksa ke kabin.
6. Segera lapor
Jika harus melapor ke terminal (petugas transit atau transfer), maka segera melapor, tunjukkan boarding pass Anda dan jangan sampai tertinggal.
7. Perhatikan nomor penerbangan dan jadwal
Nama pesawat, nomor penerbangan dan jadwal keberangkatan harus Anda ingat. Jika ragu-ragu segera menanyakan kepada petugas bandar udara. Pintu keberangkatan pun harus sesuai, agar tidak tertukar pesawat.
8. Tetap patuhi aturan
Apabila sewaktu transit di bandar udara, penumpang keluar dari ruang tunggu atau daerah steril lainnya, maka Anda wajib mematuhi ketentuan untuk diperiksa ketika akan kembali ke daerah steril seperti halnya calon penumpang nontransit lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar